Minggu, 29 April 2012

PROPOSAL USAHA


                           $26nbsp;        PROPOSAL USAHA PENJUALAN
                                                KUE KERING
TOKO SWEETY
Jln.Kota Baru no.289BANDUNG
Oleh Maria Mhemhe
Jln. Dago Atas no.95BANDUNG
                                                            DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………...........i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………..ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………..1
A.    TUJUAN USAHA……………………………………………………..1
B.     USAHA YANG DIJALANKAN.……………………………………..2
BAB II UMUM……………………………………………………………………......3
A.    NAMA dan LOKASI USAHA………………………………………..3
B.     PEMILIK  USAHA……………………………………………………3
C.     INFORMASI USAHA.……………………………………………......3
D.    JUMLAH TENAGA KERJA………………………………………….4
BAB III ASPEK PRODUKSI………………………………………………………....5
A.    JENIS PRODUKSI……………………………………………………5
B.     BANYAK PRODUK yang DIPASARKAN………………………......5
C.     PROFIL PARA KONSUMEN………………………………………...5
BAB IV ASPEK PEMASARAN……………………………………………………...6
A.    PRODUK YANG AKAN DIPASARKAN……………………………6
B.     PROFIL KONSUMEN YANG DITUJU……………………………...6
C.     KONDISI PESAING………………………………………………….7
D.    PASAR EFEKTIF YANG DIKUASI…………………………………7
E.     PENETAPAN HARGA PRODUK…………………………………....8
F.      STRATEGI PROMOSI………………………………………………..8
BAB V ASPEK TEKNIS……………………………………………………………...9
A.    RENCANA DISPLAY………………………………………………...9
B.     DENAH LOKASI……………………………………………………..9
C.     KEBUTUHAN TENAGA KERJA…………………………………..10
D.    PERALATAN YANG DIBUTUHKAN……………………………..10
E.     BAHAN BAKU YANG DIBUTUHKAN…………………………...10
F.      JADWAL MEMULAI USAHA……………………………………...10
BAB VI ASPEK ORGANISASI……………………………………………………..11
A.    RISIKO dan HAMBATAN…………………………………………..11
BAB VII ASPEK KEUANGAN…………………………………………………….12





BAB I PENDAHULUAN

TUJUAN USAHA
            PROPOSAL INI DISUSUN UNTUK MERENCANAKAN PEMBANGUNAN USAHA  KECILL MENENGAH YANG BERGERAK DALAM BIDANG PENJUALAN MAKANAN(KUE KERING).
USAHA YANG DIJALANKAN
            PRODUKSI DAN DISTRIBUSI PRODUK MAKANAN YAITU KUE KERING INDUSTRI RUMAHAN.
                                   
                                                BAB II UMUM

NAMA dan LOKASI USAHA
            JENIS USAHA YANG AKAN DIJALANKAN ADALAH USAHA PERDAGANGAN MAKANAN DENGAN NAMA “TOKO SWEETY”  Jln.Kota Baru no.289 BANDUNG
.PEMILIK  USAHA
NAMA                        :MARIA MHEMHE
USIA                          :25 TAHUN
JENIS KELAMIN     :PEREMPUAN
PEKERJAAN             :WIRAUSAHA
ALAMAT                   : Jln. Dago Atas no.95  BANDUNG
INFORMASI USAHA
USAHA YANG AKAN DIJALANKAN MERUPAKAN USAHA PERSEORANGAN YANG BERGERAK DALAM USAHA PRODUKSI DAN  DISTRIBUSI KUE KERING.
JUMLAH TENAGA KERJA
USAHA INI DIPERKIRAKAN PADA SAAT PERTAMA BERDIRINYA MEMERLUKAN TENAGA KERJA SEBANYAK 15 ORANG.
                                   
                                    BAB III ASPEK PRODUKSI
JENIS PRODUKSI
PADA USAHA PEMBUATAN KUE KERING INI KUE YANG DIPRODUKSI AKAN MEMERLUKAN WAKTU DAN BAHAN YANG TIDAK SEDIKIT.DI MULAI DARI PEMBUATAN BAHAN ADONAN KEMUDIAN ADONAN DIGILING DAN DI CETAK DENGAN BERBAGAI BENTUK YANG MENARIK KEMUDIAN SETELAH DI CETAK DI BERI TOPPING LALU DI OVEN SELAMA BEBERAPA MENIT.SETELAH MATANG PRODUK AKAN DI KEMAS SEDEMIKIAN RUPA AGAR TERLIHAT MENARIK.
BANYAK PRODUK yang DIPASARKAN
            PADA USAHA INI PERTAMA TAMA AKAN DI PASARKAN SAMPLE PRODUK SEBANYAK10 SAMPLE.UNTUK SELANJUTNYA AKAN DIPASARKAN SESUAI DENGAN PERMINTAAN PASAR.
PROFIL PARA KONSUMEN
            KONSUMEN DIPERKIRAKAN PARA IBU,REMAJA ATAU DIPERKIRAKAN ORANG ORANG YANG MEMBUTUHKAN KUE SEBAGAI BUAH TANGAN ATAU HANTARAN.
                                   
BAB IV ASPEK PEMASARAN
PRODUK YANG AKAN DIPASARKAN
            PRODUK YANG DIPASARKAN BERUPA KUE KERING KEMASAN YANG BERLABEL “SWEETY”.
PROFIL KONSUMEN YANG DITUJU
            KONSUMEN YANG DITUJU KURANG LEBIH ADALAH PARA IBU RUMAH TANGGA YANG MEMBUTUHKAN KUE KERING YANG LEBIH PRAKTIS DARI PADA MEMBUAT SENDIRI.
KONDISI PESAING
DITEMPAT USAHA MASIH BELUM ADA USAHA SEJENIS YANG MENAWARKAN KUE KERING DALAM KEMASAN.
PASAR EFEKTIF YANG DIKUASI
            PASAR EFEKTIF YANG DIKUASAI KURANG LEBIH ADALAH PASAR USAHA KECIL MENENGAH YANG BERGERAK DALAM USAHA KUE KERING
PENETAPAN HARGA PRODUK
            HARGA PRODUK INI AKAN DIPATOK SESUAI DENGAN HARGA PASAR  DAN KUALITASNYA YANG BAGUS.
STRATEGI PROMOSI
            STRATEGI PEMASARAN YANG DIGUNAKAN ADALAH DENGAN CARA PROMOSI TINGGI,KUALITAS PRIMA DAN HAARGA YANG MENAWAN.
                                   
BAB V ASPEK TEKNIS
RENCANA DISPLAY
            PADA PRODUK INI DISPLAY DIBUAT SEMENARIK MUNGKIN DENGAN TATANAN YANG LUCU DAN LAIN DARI PADA YANG LAIN.
DENAH LOKASI
            USAHA INI BERADA DI JALAN KOTA BARU YANG BERADA DI ANTARA RUMAH RUMAH DIMANA  MASIH HANYA ADA SEDIKIT USAHA ITUPUN TIDAK ADA YANG MERUPAKAN USAHA KUE KERING SEPERTI USAHA INI.
KEBUTUHAN TENAGA KERJA
            DIPERKIRAKAN PADA AWAL PRODUKSI DEBUTUHKAN ± 10 ORANG PEKERJA UNTUK MENYELESAIKAN SATU KALI PRODUKSI
PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
            PERALATAN YANG DIBUTUHKAN ANTARA LAIN:
  • MIXER
  • OPEN
  • MESIN PENGEPRES
  • MESIN PENCETAK LABEL
BAHAN BAKU YANG DIBUTUHKAN
            BAHAN YANG DIBUTUHKAN ANTARA LAIN:
à TERIGU
à TELOR
à GULA
à MENTEGA
JADWAL MEMULAI USAHA
            USAHA DIMULAI PADA SETIAP HARI KURANG LEBIH PADA PUKUL 07.30 SAMPAI DENGAN PUKUL 16.30

BAB VI ASPEK ORGANISASI
RISIKO dan HAMBATAN
            RISIKO DAN HAMBATAN DARI USAHA INI ADALAH PRODUKSI HARUS SESUAI DENGAN PESANAN KONSUMEN.

                                    BAB VII ASPEK KEUANGAN
PADA ASPEK KEUANGAN INI YANG TENTUNYA MODAL USAHA YANG DIBUTUHKAN KITA JUGA HARUS DIHITUNG SECARA MATANG DAN TERPERINCI.DENGAN MENGANALISA PROYEKSI KEUANGAN SATU BULAN,KAS, PERLENGKAPAN, PERALATAN,RATA-RATA PENDAPATAN PERHARI,LAPORAN LABA/RUGI, DAN BIAYA LAIN- LAIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar